2012/10/27

Positif & Negatif Internet Bagi Diri Sendiri

     Dunia sekarang sudah semakin maju, begitupun dengan internet. Dimanapun dan kapanpun kita selalu mendengar dan membutuhkan internet, karena internet sudah menjadi ketergantungan sebagian besar masyarakat terutama didaerah perkotaan. Nah, tentunya kita tahu tidak semua yang kita buka dalam internet itu bermanfaat positif. Banyak juga hal negatif yang didapat dari penggunaan internet itu sendiri. Baik sadar atau tidak sadar kita pasti terkena dampak negatifnya dari penggunaan internet. Tapi semua kembali kepada diri kita masing-masing, positif atau negatif tergantung dari apa yang kita buka, apa yang kita cari, dan apa yang kita dapatkan dari internet.

     Banyak sekali manfaat positif dari internet jika kita menggunakan internet secara bijak. Saya pun telah banyak merasakan manfaat positifnya dari internet, yang pertama yaitu sebagai Media Pertukaran Data atau Informasi. Dengan adanya email, newsgroup dan jaringan situs-situs web kita dengan mudah bertukar informasi dengan teman-teman kita yang jauh dan pengguna internet di seluruh dunia. Yang kedua sebagai Media Komunikasi, dengan adanya facebook, twitter, friendster, dan jejaring sosial lainnya kita dapat berkomunikasi dengan orang-orang diseluruh dunia. Yang ketiga yaitu sebagai Media untuk Mencari Informasi dan Data, perkembangan internet yang pesat menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat. Fungsi yang keempat yaitu sebagai Media untuk Belajar Secara Virtual, dengan adanya search engine seperti google, yahoo, Bing dll kita dapat mencari dan menambah pengetahuan dan wawasan kita. Dan fungsi internet yang kelima adalah sebagai Media Bisnis atau menghasilkan uang, kita dapat melakukan promosi, pemasaran, bisnis dll. Dan itu dapat melancarkan dan mempermudah pekerjaan yang sedang kita lakukan.

     Dari banyak manfaat positif yang kita dapatkan, banyak juga dampak negatif dari penggunaan internet. Sekarang banyak sekali Game yang beredar di internet, biasa kita menyebutnya Game Online. Game Online ini akan membuat fungsi internet menjadi negatif jika dimainkan secara tidak bijaksana hingga lupa waktu, lupa makan, lupa tidur, dan bahkan lupa kedehatan diri sendiri karena sudah kecanduan dengan Game Online ini. Kemudian dengan adanya Jejaring Sosial seperti Twitter, Facebook, Friendster dan jejaring sosial lainnya tentu akan membuat manfaat internet menjadi negatif jika penggunanya tidak bijak dalam menggunakannya hingga melupakan pekerjaan, lupa waktu karena terus-menerus chatting dengan orang-orang.

     Tidak dipungkiri lagi bahwa di internet sanggat banyak beredar Situs-situs Porno yang sanggat mudah di akses bahkan untuk anak di bawah umur sekalipun, hal ini tentu sanggat mengkhawatirkan terutama bagi orang tua yang harus selalu mengawasi anaknya yang masih di bawah umur dalam menggunakan internet. Tidak hanya berlaku bagi anak di bawah umur tapi juga untuk semua orang-orang pengguna internet. Tentunya fungsi internet disini akan menjadi negatif. Dan yang terakhir internet bisa memnjadi negative jika digunakan untuk hal-hal yang dapat merugikan orang lain, seperti Penipuan. Maka dari itu kita sebagai pengguna internet harus selalu cek dan mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum anda percaya dengan apa yang ditawarkan di internet sehingga anda tidak rugi atau tertipu.

     Itulah beberapa penjelasan tentang dampak positif dan negatif internet. Sekali lagi saya katakan bahwa positif atau negatifnya dari yang kita dapatkan di  internet, semua itu tergantung dari apa yang kita buka, apa yang kita cari, dan apa yang kita dapatkan dari internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar