Apa
itu Komunitas?
Komunitas atau Community adalah
sekumpulan individu yang biasanya memiliki minat yang sama. Sebuah komunitas
biasanya terbentuk karena memiliki kebutuhan yang sama (ataupun tidak) pada
sebuah minat tertentu. Sebuah komunitas atau club biasanya diawali dengan
berkumpul bersama. Awalnya dengan beberapa orang (minimal 2 orang) yang saling
kenal, memiliki minat yang sama dan kemudian berkembang dan anggotanyapun
bertambah.
Apa
itu Virtual?
Virtual adalah dunia yang biasanya
kita sebut sebagai dunia maya atau cyber space yaitu sebuah dunia
komunikasi berbasis computer yang menawarkan realitas baru.
Jadi, Komunitas Virtual adalah
sebuah komunitas yg terbentuk dan tergabung dari berbagai element yang biasanya
memiliki hobby yang sama dan menyalurkan semua yang berkaitan dengan
hobbinya tersebut melalui sebuah dunia maya yaitu Virtual.
Apakah
bedanya komunitas dunia nyata dengan dunia virtual?
Bila pada komunitas dunia nyata
paling tidak orang-orang yang mengawali adanya komunitas itu harus bertemu,
sedangkan di komunitas virtual orang-orang tersebut tidak perlu bertatap muka
secara langsung atau bahkan tidak perlu saling kenal terlebih dahulu. Yang
dibutuhkan hanyakesamaan minat dan alamat e-mail. Terkadang keadaannya bisa
terbalik, kalau komunitas non-virtual mengawali berdirinya dengan pertemuan
antar pendiri terlebih dahulu. Namun pada komunitas virtual lebih sering
pertemuannya terjadi saat komunitas tersebut sudah berdiri dan memiliki anggota
sehingga suasana menjadi lebih akrab satu sama lain. Komunitas berawal dari
saat komunitas non-virtual yang mencoba berkomunikasi melalui media e-mail.
Salah satu tools dari internet adalah mailing list. Yaitu proses berkirim surat
melalui 1 account e-mail. Jika kita mempunyai kebutuhan untuk berkirim e-mail
ke banyak orang, fasilitas mailing list pada sebuah server dapat memfasilitasi
dengan mudah yaitu memasukkan nama sebuah e-mail yang ingin dikirimsurat
kedalam list atau daftar mailing list. Seperti halnya sebuah kepercayaan
komunitas biasanya dijadikan tempat referensi terpercaya atau mendapatkan
informasi terpercaya. Kesamaan minat, kesamaan kebutuhan informasi, keakraban
dari e-mail discussion dan lain sebagainya lah yang mendasari kepercayaan
seseorang terhadap informasi yang ada atau didapat dari komunitas virtualnya.
Hal lain yang mendasari kepercayaan ini adalah secara psikologis kepercayaan
orang terhadap informasi di internet sangat besar.
Komunitas
Virtual apa sama dengan Group?
Sebuah komunitas adalah kesamaan
minat maka sebuah website yang memeberikan informasi terhadap minat tertentu
juga kemudian menjadi bentuk komunitasnya sendiri. Ini bias dilihat dari web
community yang saat ini sangat besar penggunanya yaitu facebook. Apakah
keasamaan minat yg terdapat didalam facebook? Yaitu sama-sama memiliki
keinginan untuk saling mengenal sesama pengguna dan mungkin memiliki kesukaan
dan hobbi yang sama. Namun dalam facebook masih merupakan komunitas virtual
yang sangat umum yaitu komunitas dalam mencari teman di dunia maya. Didalam
facebbok juga masih bisa terbentuk komunitas-komunitas kecil lainnya dalam hal
kesukaan, hobbi, fans, dan lainnya. Bisa dikatakan bahwa komunitas virtual
dapat membentuk group-group dari masing-masing pengguna yang memiliki kesamaan
minat sehingga komunitas virtual merupakan induk dari group virtual.
Dasar
Terbentuknya Suatu Komunitas Virtual
Di dalam suatu komunitas tetntunya
kita dapat berbagi stu sama lain baik itu cerita pribadi, pengalaman dan
tentunya masih banyak lagi yang dapat dibagi atau juga berdiskusi tentang suatu
masalahyang nyata atau yang terjadi didalam kehidupan dunia virtual itu
sendiri. Apakah orang bergabung dalam komunitas virtual karena sudah bosan
dengan dunia nyata sehingga mereka menciptakan dunia sendiri yaitu dunia virtual?
Mungkin itu yang menjadi alas an mereka menciptakan komunitas virtual agar
mereka merasa lebih nyaman. Sangat terasa manfaat internet untuk dunia
komunikasi melalui media virtual dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan
hanya tinggal bagaimana caramemanfaatkannya kea rah yang positif dan
menghindari negatifnya.
Banyak hal yang bisa didapatkan du
dunia virtual dilihat dari desain bangunan yang sesuai dengan dunia nyata
ditambah dengan unsur virtual untuk menambah fantasi dari pengguna dunia
virtual sendiri dan banyak animasi yang bisa dipelajari dari desain karakter
avatar dan pergerakan yang ada didalamnya.
Motivasi terbentuknya komunitas yang
berawal dari kesamaan preferensi atas suatu hal, kesulitanteknis yang dihadapi
dan kesamaan karena menjadi minorotas ataupun mayoritas. Yang kedua adalah
moderator dalam komunitas virtual berperan sebagai pemberi ijin dan referensi.
Ketiga adalah anggota memiliki beberapa motivasi berbeda utnutk mengikuti suatu
komunitas. Keempat adalah dampak keikutsertaan anggota dalam suatu komunitas
virtual terhadap para anggota adalah loyalitas tinggi terhadap dasar
terbentuknya suatu komunitas dan persepsi kualitas yang lebih baik. Kelima
dalah anggota komunitas menerima manfaat fungsional dan manfaat social melalui
komunitas virtual tersebut sehingga membuat anggota bersedia membentuk
komitmen. Keenam adalah anggota komunitas virtual melakukan posting secara
continue dan nelakukan pertemuan rutin sebagai wujud komitmen pada komunitas
virtual.
Konflik
Virtual
Karena perbedaan waktu dan tempat,
mood orang satu sama lainnya bisa berbeda. Karena beban hidup seorang dan yang
lainnya datang disaat yang berbeda, penyelesaian masalah orang yang satu dengan
yang lain bisa berbeda juga. Karena hanya berkomunikasi melalui text, pemahaman
orang yang satu dengan lainnya juga bisa berbeda. Hal-hal tersebut bisa
menimbulkan konflik baik internal manajemen maupun dengan anggota. Konflik ini
bisa berakibat macam-macam antara lain dari kapoknya anggota mampir di forum,
pengunduran diri dari komunitas hingga putusnya tali silaturahmi yang sudah
terbina. Oleh karenanya pengendapan terhadap penanganan masalah sangat
dibutuhkan sebelum mengambil keputisan untuk menanggapi sebuah tulisan.
Pemahaman seseorang ketika membaca sebuah postingan dipagi hari, dalam keadaan
terburu-buru karena harus melakukan kegiatan rutin bisa jadi tidak akurat. Jadi
keputusan untuk membalas postingan pada saat itu tidaklah bijaksana sehingga
dapat berpotensi menuai konflik. Sebaliknya pengendapan masalah dengan cara membuka
kembali postingan tersebut ketika dalam keadaan santai serta best mood akan
sangat membantu menghindari konflik bahkan bisa memberikan solusi. Tetapi
hendaknya pengendapan tidaklah terlalu lama sebab pengendapann yang terlalu
lama akan menimbulkan tanda Tanya dan cenderung basi tanpa solusi.
Konflik-konflik yang disebabkan oleh perbedaan ide dan persepsi sebaiknya
didiskusikan untuk mencari kata mufakat tetapi kalaupun tidak bisa mencapai
kata mufakat, sebaiknya ada rasa untuk saling memahami satu sama lain dan
ketika sudah diputuskan bersama, maka keputusan itu haruslah didukung.
Komunitas virtual muncul didalam
ruang media berbasiskan computer dimana aktivitas dan interaksi antar para
anggota komunitas menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Komunitas
virtual berguna untk mengumpulkan orang-orang yang memiliki minta yang sama dan
mereka dapat berdialog melalui discussion board dan juga lewat mailing list dan
dialog mereka dapat dismpan untuk kemudian dapat dipelajari kembali.
Karakteristik
Komunitas Virtual
Komunitas
Virtual dapat digolongkan menjadi 4 karakteristik, Yaitu:
- Berdasarkan motifnya, komunitas virtual dapat dibagi menjadi 3, pertama adalah motif untuk menjalin hubungan antar manusia. Kedua adalah motif untuk mendapatkan informasi dan ketiga adalah motif untuk bertransaksi.
- Berdasarkan kardinilitasnya, komunitas virtual bisa bersifat interaksi satu ke satu, satu ke banyak, dan banyak ke banyak. Kardinilitas menggambarkan siapa yang mengontrol proses pertukaran informasi.
- Berdasarkan isinya, isi dari sebuah komunitas virtual dapat berasal dari individu-individu yang berada didalamnya berupa diskusi-diskusi online dan pembuatan halaman web dari individu-individu itu, bisa juga berasal dari penyedia layanan komunitas dan bersifat tradisional, dalam kasus ini adalah pemerintah yang memeberikan pengumuman namun pengumuman itu harus bersifat konsisten dan terkontrol dengan ketat.
- Berdasarkan otonomi yang dimiliki dari sebuah komunitas virtual memiliki arti apakah komunitas virtual itu berdiri sendiri atau dimiliki bersama oleh anggota komunitas dan meiliki aturan yang telah disepakati bersama oleh anggota komunitas itu. Kombinasi yang sesuai dari karakteristik diatas akan menciptakan KM yang efektif berdasarkan komunitas virtual. Secara fisik kombinasi yang cocok untuk KM di bidang e-government adalah komunitas dengan motif saling menukar informasi, memiliki infrastruktur satu ke banyak dan sumber isi dari berbagai sumber, dan memiliki otonomi tingkat tinggi.
Komunitas
virtual memungkinkan pertukaran oengetahuan dan telah menuai kisah sukses di
berbagai Negara dan dikenal karena keefektivitasannya dalam menemukan solusi
suatu masalah. Penerapan yang sukses dari komunitas virtual dan sehingga dapat
mengidentifikasi kebutuhan yang pentingdari masyarakat bisa mempromosikan
tumbuhnya e-democracy, sehingga pemerintah akan mungkin mendengarkan diskusi
dan pertukaran ide. Namun ada tantangan dalam membuat e-government
terutama dalam hal harga dan ketersediaan infrastruktur teknologi, namun solusi
komunitas virtual adalah solusi yang dapat didapatkan dengan teknologi dan
harga yang terjangkau.
Tim Virtual
Tim-tim
yang telah dibahas melakukan pertemuan face-to-face. Tim Virtual
menggunakan teknologi komputer guna menghubungkan orang-orang yang terpisah secara
fisik guna mencapai sasaran bersama.Teknik tersebut memungkinkan orang saling
bekerjasama lewat metode online, kendati mereka dipisahkan yuridiksi
negara bahkan benua.
Tim
Virtual dapat melakukan lebih
banyak hal ketimbang tim-tim lainnya, terutama dalam hal berbagi informasi,
pembuatan keputusan, dan perampungan pekerjaan. Mereka terdiri atas para
anggota dari organisasi yang sama ataupun hubungan anggota organ dengan para
pekerja dari organisasi lain semisal supplier ataupun partner
perusahaan.
Terdapat
3 faktor utama yang membedakan Tim Virtual dengan tim-tim lain yang face-to-face,
yaitu:
(1)
Ketiadaan komunikasi lisan-fisik;
(2)
terbatasnya konteks sosial, dan
(3)
kemampuan mengatasi masalah waktu dan hambatan tempat.
Dalam
komunikasi face-to-face, orang menggunakan paraverbal seperti nada
suara, intonasi, dan volume suara serta nonverbal seperti gerak mata, roman
muka, gerak tangan, dan bahasa tubuh lainnya. Keduanya semakin menjelaskan
komunikasi, tetapi kini hal-hal tersebut nihil di dalam Tim Virtual. Tim
Virtual menderita kekuarangan laporan sosial yang manusiawi akibat interaksi
langsung yang kecil diantara para anggotanya.
Robbins mencontohkan, perusahaan
seperti Hewlett-Packard, Boeing, Ford, VeriFone,
dan Royal Dutch/Shell menjadi pengguna utama Tim Virtual ini. VeriFone,
contoh Robbins lebih lanjut, adalah perusahaan perakit mesin pembaca informasi
kartu kredit, di mana penggunaan Tim Virtual-nya memungkinkan 3000 karyawannya,
yang berlokasi di seluruh penjuru dunia, untuk kerja bersama mendesain proyek,
merencanakan pemasaran, dan membuat presentasi penjualan. Lebih jauh, wakil
presiden VeriFone menyatakan “Kami tidak memindahkan orang. Jika
seseorang nikmat tinggal di Colorado dan bisa melakukan pekerjaan dari sana,
kenapa kami harus mengintimidasinya?”
5
Komunitas Virtual dengan Anggota Terbanyak
- Skype (663 juta pengguna
Skype
merupakan layanan yang membuat pengguna bisa melakukan panggilan suara dan
video serta ngobrol melalui internet. Hebatnya layanan yang disediakan oleh
skype adalah gratis. Skype sendiri didirikan pada 2003 oleh Niklas Zennstrom
dari swedia dan Janus Friis dari Denmark.
- Tencent QQ (636 juta pengguna)
Dikenal
dengan QQ, tencent QQ ,erupakan layanan instant meseenging terpopuler di China.
Tencent QQ didrikan oleh Ma Huateng pada 11 november 1998 di Shenzhen China. Ma
Huateng sendiri merupakan seorang pengusaha China yang mendirikan perusahaan
internet ternama di China bernama Tencent Inc. QQ sendiri secara resmi baru
diluncurkan pada februari 1999.
- Facebook (600 juta pengguna)
Situs
jejaring social ini diluncurkan pada februari 2004 di bawah naungan Facebook
Inc. social media yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini berhasil meraup lebih
600 juta pengguna altif pada januari 2011. Facebook sendiri memungkinkan
penggunanya untuk membuat profil pribadi, memasukkan pengguna lainnya sebagai
teman, dan bertukar pesan, catatan, foto dan video.
- Qzone (480 juta pengguna)
Satu lagi
dari Negara tirai bamboo, Qzone. Merupakan situs jejaring social yang dibuat
pada 2005 oleh Tencent, sebuah perusahaan internet ternama di China. Layanan
ini memperbolehkan pengunjung utuk menulis blog, menyimpan catatan harian,
mengirim foto, dan mendengarkan music. Uniknya, kebanyakan layanan ini tidak
tersedia gratis. Penggguna baru bisa mempergunakan layanan tambahan tanpa
membayar lagi setelah membeli Canary Diamond. Versi mobile pun tersedia, tetapi
juga dengan biaya ekstra.
- Windows Live Messenger (330 juta pengguna)
Awalnya
bernama MSN Messenger dan merupakan layanan instant messanging yang dibuat oleh
Microsoft. Saat ini layanan ini dirancang bekerja di windows XP, windows vista,
windows 7, windows mobile, windows CE, Xbox 360, Blackberry OS, iOS, Java ME,
S60 on Symbian OS dan Zune HD.
Sumber:
http://www,wattpad.com/912797-pko-fondasi-kelompok-dan-kerja-tim?p=9
Tidak ada komentar:
Posting Komentar