2012/11/22

Final Softskill Psikologi dan Teknologi Internet


THE SIMS ONLINE

     The Sims merupakan games simulasi kehidupan. Dalam game ini, gamer akan memainkan karakter (sims) yang telah dibuat sebelumnya atau yang sudah tersedia di game itu sendiri. Gamer diminta untuk menjalankan kehidupan dari sims yang dimainkan. Setiap sims mempunyai karakter masing-masing sesuai dengan yang telah ditentukan oleh gamer maupun default dari game itu sendiri.
Game ini saya sukai karena game ini mengambil latar belakang kehidupan sehari-hari. Ada yang bertemakan kehidupan urban, kehidupan malam, kehidupan kampus, menjadi businessman, hingga memelihara peliharaan.
     Fitur yang sudah pasti dari serial The Sims adalah membuat orang (istilahnya sims) yang akan kita mainkan, aspek mood (kebersihan, fun, sosialisasi, dll.), dan yang paling asyik adalah membangun relasi dengan sims lain. Ditambah lagi kita bisa membuat rumah sendiri. Pilihannya ada banyak. Mulai dari kamar petak hingga condo yang megah di tengah kota. Aspek lain yang selalu ada di serial The Sims adalah pekerjaan. Di serial Sims, pekerjaan biasanya dapat kita pilih dari koran yang didatangkan setiap hari di depan kediaman gamer.
     Yang paling merepotkan dari The Sims adalah bagaimana cara kita membangun dan memelihara mood kita agar tetap bagus. Mood perlu dijaga karena sims lain akan mau berinteraksi dengan kita hanya bila mood kita sedang keatas. Dibawah itu biasanya akan ada pesan singkat yang berbunyi: "To socialize with other sims, you must increase your mood”. Dan misalkan suatu mood sudah kosong, maka mood itu akan mempengaruhi tindakan sims dan mood yang lain. Contohnya, jika sims sudah ingin buang air sampai mood buang air nya kosong, maka sims tersebut akan ngompol dan mood kebersihannya menjadi kosong.

Dampak positif main The Sims                                  
·         Bisa melatih kita untuk mengatur waktu
·         Melatih untuk berusaha meraih cita-cita dan pantang menyerah
·         Membuat gamers bisa lebih memahami sifat-sifat orang
·         Membuat gamers bisa ngerasain kehidupan dari awal (bawah)
·         Bisa sebagai sarana latian untuk menjadi arsitektur/desainer rumah

Dampak Negatif main The Sims
·         Adanya efek candu yang kuat
·         Terbengkalainya kegiatan di dunia nyata
·         Perubahan pola makan dan istirahat
·         Mengganggu kesehatan
·         Kelelahan mata
 Lupa waktu karena keasikan bermain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar