2012/09/30

Nettiquete


Definisi
            Nettiquete yaitu etika dalam penggunaan internet. Aturan yang akan menjadi acuan untuk orang-orang sebagai pengguna internet,dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara-cara yang baik dalam memanfaatkan internet.
            Nettiqute ini sebenarnya sudah sanggat umum dan biasa,sama halnya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki suatu komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.
            Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini seperti:
1.      Amankan komputer anda dengan memasang anti virus atau personal firewall.
2.      Jangan terlalu percaya pada internet ,sehingga anda dengan mudah menggungah data pribadi anda. Anda harus benar-benar yakin bahwa URL yang anda tuju terjamin keamanannya.
3.      Dan yang paling utama adalah hargai pengguna internet lain, seperti:
a.       Jangan menggunakan informasi sembarangan,seperti plagiatisme.
b.      Jangan berusaha untuk mengambil keuntungan dari internet secara illegal,seperti mencuri nomor kartu kredit.
c.       Jangan berusaha menggangu privasi orang lain,seperti mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d.      Jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
e.       Jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.

Contoh kasus Nettiquete
     Tidak usah mencari jauh jauh mengenai contoh dari kasus dari Netiquette ini. Karena saya sendiri melakukannya saat membuat artikel ini.
     Saya mengambil informasi yang saya tuliskan di atas dari Wikipedia,dan saya mencantumpan id link dari sumber. Apabila saya tidak menaruh ID link narasumber,itu merupakan pelanggaran etiket di dunia maya,karena plagiat.


Sumber:
http://ragabimantara.blogspot.com/2011/10/definition-of-netiquette.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar